Lomba business plan merupakan ajang lomba untuk mewadai kreativitas mahasiswa dalam mengungkapkan ide bisnisnya untuk dapat di realisasikan dalam kegiatan bisnis. Business plan mengagas tentang suatu ide usaha yang menerapkan prinsip-prinsip etika bisnis islam. Diutamakan bisnis yang berorientasi terhadap kemaslahatan umum (muslimpreneur), yang mana kegiatan ini ada dalam acara Entrepreneur Days 2022 yang dimana acara ini termasuk rentetan acara (FEMFEST 2022) Fakultas Ekonomi dan Manajemen Festival 2022.
Tema
The Development Of Islamic Economics on Bussines Digitalization Amidst the Covid – 19 Pandemic
Subtema
Kuliner
Kuliner di indonesia maupun kawasan ASEAN memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan, seiring perkembangan zaman manusia cenderung ingin lebih banyak variasi dalam makanan dan senang akan variasi kuliner yang ada. Sehingga diperlukan inovasi-inovasi baru untuk meningkatkan deversifikasi pangan. Business plan di bidang kuliner hendaknya melihat peluang yang ada dari banyaknya konsumen agar mampu bertahan dalam persaingan.
Industri Kreatif
Teknologi
Kesehatan
Ketentuan Umum
- Peserta E-Days (Entrepreneur Days) adalah mahasiswa (D3/S1) dari dalam maupun luar negeri yang bersetatus aktif sebagai mahasiswa.
- Setiap tim terdiri dari maksimal 3 orang mahasiswa (boleh berbeda jurusan/prodi namun tetap dalam satu universitas).
- Peserta yang sudah terdaftar tidak dapat digantikan dengan alasan apapun.
- Karya yang diajukan bersifat orisinil dan tidak ada unsur plagiarisme.
- Karya yang di ajukan belum pernah menjuarai lomba di event yang sejenis.
Time Kegiatan
- Pendaftaran dan pengumpulan BMC : 15 Oktober – 23 November 2021
- Pengumumuman lolos BMC : 3 Desember 2021
- Pengumpulan Proposal gelombang 1 : 4 - 14 Desember 2021
- Pengumpulan proposal gelombang 2 : 15 – 30 Desember 2021
- Pengumuman finalis Business Plan : 4 Januari 2021
- Technical meeting finalis : 24 Januari 2022
- Presentasi : 25 Januari 2022
- Seminar + pengumuman pemenang : 27 Januari 2022
Mekanisme Pendaftaran
Alur Pendaftaran
- Sebelum melakukan pendaftaran peserta wajib melakukan beberapa hal berikut :
- Memfollow Akun Instagram @edays2022
- Membagikan Poster Pendaftaran kepada 5 group social media.
- Peserta mendaftar di link : https://bit.ly/Pendaftaran_IBMC_EDAYS
- Peserta mengirimkan :
- BMC (Business Model Canvas) dengan ketentuan format “jpg”
- Pengumpulan BMC tidak dipungut biaya (FREE)
- Formulir pendaftaran dengan format “pdf”
- Scan KTM semua anggota dengan format “jpg” Seluruh berkas dikirim ke email edays.unida@gmail.com sesuai dengan waktu yang telah ditentukan dengan format nama file dan subject “Subtema_Judul_Nama Ketua_Asal
- Peserta melakukan konfirmasi pendaftaran ke contact person (Muhamad Naufal Ramadhian : 082247223495)
Alur Pengiriman Proposal Business Model Canvas
- Gelombang 1 (20 - 30 November 2021) :Rp100.000,-
- Gelombang 2 (1 - 11 Desember 2021) :Rp120.000,-
- Peserta mengirimkan proposal business plan dan bukti transfer atau bukti pembayaran ke email edays.unida@gmail.com dengan subjek Edays2020_Nama Ketua_Asal Universitas _Subtema_Judul Contoh : Edays2021_Naufal Ramadhian_Unida _Crab Chips. File dijadikan satu dan kirim dalam bentuk “rar”.
- Peserta melakukan konfirmasi pengiriman fullpaper melalui WA ke contact person ( NAUFAL RAMADHIAN : 082247223495) dengan format Edays2021_Nama Ketua_Asal Universitas_Subtema_Judul .Contoh : Edays2021_Naufal Ramadhian_Unida _Crab Chips.
- Peserta melakukan konfirmasi pembayaran SMS atau WA ke contact person ( FARREL RAMADHAN: 082228398570) dengan format: Edays2020_Nama Ketua_Asal Universitas_Nama Pemilik Rekening_Waktu Pembayaran .Contoh : Edays2021_Abdillah Hanif_Universitas Darussalam Gontor_Abdillah Hanif_23.59 WIB
Alur Pendaftaran Ulang
- Bagi tim yang telah dinyatakan LOLOS sebagai finalis WAJIB mengikuti babak presentasi yang harus diikuti oleh seluruh anggota timnya.
- Finalis diwajibkan mengikuti serangkaian acara EDAYS 2021 meliputi Seminar Pembukaan, Technical Meeting, Interview, Seminar Nasional dan Pembagian Hadiah
- Finalis berpakaian sesuai dresscode yang telah ditentukan panitia.
Tata tertib Finalis Lomba BMC
- Peserta Bmc Mengunakan pakaian rapi dan memakai jas almamater, bagi peserta wanita wajib mengunakan kerudung.
- Nomer urut finalis akan ditentukan oleh panitia.
- Finalis wajib mengumpulkan video kreatif presentasi.
- Setiap peserta lomba menggunakan satu akun zoom (bila satu tim ada tiga orang maka ada tiga akun zoom)
- Setiap peserta lomba wajib menyalakan kamera
- Setiap peserta wajib menggunakan headset/headphone/earphone (agar suara lebih jelas dan tidak mendengung)
- Format zoom id : nama peserta_asal universitas_nama produk
- Finalis akan diadakan melalui via Zoom
- Durasi interview dengan juri maksimal 10 menit.
- Peserta lomba menyaksikan Interview
- Peserta lomba diharapkan mempersiapkan diri 10 menit sebelum presentasi lain selesai.
- Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
Hadiah dan Penghargaan
- Juara I :Sertifikat + Uang Pembinaan
- Juara II :Sertifikat + Uang Pembinaan
- Juara III :Sertifikat + Uang Pembinaan
Kriteria Penilaian
- Kreativitas 35%
- Potensi Program 25%
- Kelayakan Anggaran 20%